Cara Menghindari Suara Nembak Scorpio

Menghindari Suara Nembak dari knalpot Scorpio..!!!

Bagi pemilik motor Scorpio, terkadang akan terdengar suara meledak di knalpot saat mengurangi kecepatan dengan melepas gas. Hal ini bisa terjadi pada motor 4 Tak 1 cylinder dengan volume mesin diatas 150cc. Nembak di knalpot utamanya adalah karena kegagalan pembakaran di ruang bakar sehingga gas yang tidak terbakar tadi akan terbakar dengan sendirinya saat berada di ruang knalpot. Tidak terbakar disebabkan dari campuran yang terlalu miskin. Dan jika volume mesin semakin besar, maka efek timbulnya gas tidak terbakar tadi juga semakin besar.


Untuk mengurangi gejala suara nembak dari motor Scorpio Anda, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan ;

1. Saat mengurangi kecepatan tutuplah handle gas secara perlahan, jangan langsung menutupnya dengan cara mendadak. Atau bisa sesekali melakukan me”racing” 1 kali saat putaran mesin turun. Penutupan secara mendadak akan meningkatkan tingkat kevakuman di saluran Hisap yang tinggi, sehingga kadar campuran menjadi berubah secara tiba-tiba.

2. Stel putaran Pilot Screw (bahasa Bengkelnya : Stelan Angin), sesuai Standar. Untuk Motor ber CC besar seperti Scorpio, Putaran Pilot Screw yang dianjurkan adalah antara 3 – 3,5 putaran.

3. Stel Celah Klep sesuai standart. Stelan Klep yang tidak tepat (terlalu rapat), dapat memicu timbulnya suara ledakan dari knalpot. Celah Klep Standar untuk Scorpio adalah : – Hisap = 0.08 mm, Buang = 0,13 mm.

4. Periksa kevakuman di saluran Hisap (In manifold) dan Buang (Ex Manifold). Kevakuman yang tidak baik pada saluran Hisap dan Buang dapat mengakibatkan kadar campuran terganggu sehingga memicu timbulnya ledakan di saluran knalpot.

5. Periksa celah busi. Celah busi standar untuk Scorpio adalah 0.6 – 0.7 mm, mesin 4 Tak ber CC besar seperti Scorpio celahnya harus lebih rapat dari motor 4 Tak ber CC sedang atau kecil. Untuk itu jaga dan usahakan celah businya agar tidak melewati standart.

6. Jaga Oktan Bensin. Usahakan untuk selalu mengisi bensin Scorpio anda ditempat SPBU kepercayaan. Yang anda yakinkan bahwa SPBU tersebut tidak mencampur bensinnya dengan minyak tanah, air dan lainnya. Karena perubahan nilai oktan bensin yang digunakan dapat memicu timbulnya ledakan, bensin yang digunakan cukup premium saja.

%d bloggers like this: