[Report] Hut 3 YSC Ciamis @Pangandaran,14-15 November 2008

pangandaran

Dalam rangka Ultah YSC Ciamis yang ke 3, maka YSC Ciamis mengundang  teman-teman klub Scorpio di Jawa, atas dasar undangan itu, JOYS berinisiatif untuk menghadiri hari special itu dan berangkat menuju ke Pangandaran.

Terdaftar 22 Joyser yang siap untuk berangkat, namun dengan berbagai kesibukan para Joyser akhirnya yang siap berangkat pada hari H berjumlah 11 orang dengan 10 motor  yaitu Akbar ,Sigit,Apoy boncenger Dian,Heri,Pak Wahyu,Pak Narma,Riris,Yogi,Seno&Amink

Berangkat tepat pukul 23.00 dari Kafe Bayu di Duren Sawit, Jakarta Timur dengan rencana menjemput teman-teman dari SRC. Insiden kecil terjadi sebelum tiba di bengkel SRC, motor Bro Dian yang di kendarai oleh Apoy masuk ke lobang yang berakibat pecahnya spakbor depan, Bro Ibenk dari SRC berinisiatif untuk memberikan Spakbor depannya secara gratis kepada Bro Dian, setelah menunggu sekitar 2 jam sambil beristirahat, akhirnya tepat pukul 01.30 pagi rombongan kembali berangkat dengan sebelumnya diadakan briefing singkat oleh Bro Duwok, Rombongan kembali berangkat dengan tambahan 6  Anggota dari SRC. Dengan anggota-anggota : Bimo,Black,Dedy,Ical,Pak Kirman & Irwan

Rombongan berjalan santai dengan di pimpin oleh Sigit,dibantu oleh Pak Narma, Yogi, Bimo, Black, dengan cuaca yang cerah sepanjang jalur Puncak hingga Cianjur semua rombongan melibas tikungan dengan kecepatan 80 hingga 100kpj, setelah puas rebah2an dangan pio kesayangan memasuki jalur  setelah Cianjur, rombongan kembali berbaris dengan rapi, sesekali  beberapa anggota adu balap di trek lurus nan mulus namun tetap menjaga kecepatan maksimal. Terjadi insiden kecil, Bro Dedy SRC  menabrak sebuah mobil Panther yang berhenti mendadak akibat menghindari sebuah truk yang sedang lansir untuk parkir, kedua lampu sen depan Pio Bro Dedy patah, namun perjalanan dapat dilanjutkan kembali, pukul 04.30 rombongan tiba di Raja Polah tempat pemberhentian pertama. Beberapa anggota rombongan melakukan sholat subuh dan beristirahat sekitar 1 jam, pukul 05.30 rombongan kembali berangkat menuju Cileunyi, bandung. Tepat pukul 06.30 pagi, rombongan sampai dan sudah di tunggu dengan rekan-rekan dari DSF yang berjumlah 3 orang, setelah beristirahat kembali sekitar 1 jam rombongan kembali berangkat dengan jumlah 19 motor dan dua boncenger. Melibas aspal dari bandung menuju Ciamis yang mulus membuat perjalanan terasa nyaman dan lancar sehingga tidak terasa tepat pukul 10.15 menit rombongan memasuki kota Ciamis yang teratur dan tertib, rombongan sempat di sapa oleh penduduk yang kebetulan ketemu dan Bapak-bapak Polisi yang sedang bertugas, istirahat selanjutnya di rumah makan yang cukup besar di Ciamis sekitar 2 jam. Tiga motor Pio dari YSC Ciamis yang dipimpin oleh Bapak Abdul menjemput rombongan kemudian mengawal perjalanan selanjutnya. Rombongan kembali berbaris teratur , memasuki daerah ………. Kembali disuguhi dengan trek berliku dengan pemandangan yang indah, aksi rebah-rebahan kembali dilakukan hingga memasuki lokasi Pantai Pangandaran tepat pukul 13.00. rombongan kemudian menuju sebuah motel  berbentuk letter U yang cukup bagus yang telah disediakan oleh panitia.

Setelah melakukan proses registrasi kamar hotel, masing-masing anggota memasuki ruangan kamar yang telah ditentukan, acara istirahat hingga jam 17.00 sore dimanfaatkan oleh teman2  untuk melakukan pemulihan kondisi fisik, sehabis sholat magrib semua peserta melakukan makan malam prasmanan yang disediakan oleh panitia, dengan menu yang istimewa, tampaknya seluruh peserta undangan yang hadir merasa puas bersantap malam sambil bercengkrama dengan teman-teman dari klub lain yang telah hadir pada saat itu. Acara penyambutan resmi dimulai pukul 19.00 yang kemudian diisi dengan pemberian piagam selamat ulang tahun oleh masing-masing klub yang hadir. Acara semakin meriah dengan diisi oleh Penyanyi-penyanyi dangdut lokal, hingga acara selesai jam 23.00 malam. Penulis berinisiatif untuk tetap berada dilokasi hotel untuk melanjutkan acara ramah tamah dengan teman-teman dari klub pio yang hadir, sebagian besar anggota rombongan melanjutkan malam minggu di pantai pangandaran yang berjarak 100 meter dari penginapan. Akhirnya tepat pukul 02.00 seluruh rombongan kembali ke kamar masing-masing untuk melakukan istirahat..

Pukul 05.00 pagi penulis membangunkan Pak Narma, Dian, Apoy, heri dan Dian untuk menikamti Sunrise di pantai Pangandaran, tampak pantai mulai di penuhi oleh wisatawan yang sedang berakhir pekan, setelah sempat berfoto-foto dan mengelilingi pantai, kami menyempatkan untuk mampir ke toko souvenir untuk membeli oleh2 buat keluarga tercinta di rumah, setelah itu kembali ke hotel untuk sarapan pagi yang telah disediakan oleh panitia, Nasi Goreng, telur dan ikan asin khas pangandaran di santap dengan lahap oleh para undangan. Penulis memutuskan untuk beristirahat sekitar 1 jam sebelum berkemas untuk pulang.

Minggu pagi tepat Pukul 10.00 rombongan kembali berangkat untuk pulang, setelah berpamitan untuk pulang ke Jakarta. Bergabung dengan rombongan dari Klub BOSC Bogor empat  motor dan Pak Bayu dari YSC Semarang yang hendak melakukan touring Solo menuju Kilo meter Nol, sungguh suatu kehormatan bagi penulis dan khususnya bagi JOYS,perjalanan rute pulang dengan melewati jalur Green Canyoon yang asri dengan melintasi trek pinggir pantai yang memanjang hingga Cipatujah, kembali terjadi insiden kecil yaitu Pak Kirman yang sedang berjalan pelan di ruas jalan yang sedang di beton, beliau terpeleset oleh karung yang dihampar di trek Beton yang belum kering benar, penulis mencoba menolong untuk mendirikan motor Pak Kirman bertiga dengan Bro Ical dan Sist Riris, namun naas, motor Bro Ical yang diparkir di ruas Beton dengan posisi agak menurun terpeleset hingga jatuh, tidak ada kerusakan yang berarti pada motor Pak Kirman dan Bro Ichal selain hanya lecet sedikit, rombongan kembali melanjutkan perjalanan memasuki kawasan hutan Cikatomas, trek2 tajam menikung dan berbukit-bukit dengan pemandangan hutan dan jurang yang masih perawan. Terjadi insiden tunggal yaitu Bro Dedi SRC jatuh karena menikung terlalu rendah sehingga menyebabkan Ban belakang Pio terpeleset kekanan hingga berbalik arah, dengan tersenyum kecut Bro dedi kembali melanjutkan perjalanan menikmati tikungan tajam dan aspal mulus, sesekali gerimis turun di wilayah perbukitan namun tidak menghambat rombongan yang terus rebah2an ditikungan, Pak Wahyu sempat mengangkat jempol untuk Sist riris yang melibas tikungan dengan sempurna, tepat pukul 14.00 siang rombongan beristirahat di sebuah rumah makan prasmanan ala Sunda dengan menu menu khas sunda , tampaknya seluruh rombongan tidak menyia-nyiakan waktu untuk beristirahat dan menyantap hidangan yang tersedia, setelah beristirahat sekitar 1 jam rombongan kembali berangkat melanjutkan perjalanan menuju Tasikmalaya, hujan deras mengahadang rombongan  tepat setalah memasuki kota sampai keluar kota Tasikmalaya. Rombongan terus melanjutkan perjalanan hingga memasuki kawasan Malangbong berhenti sejenak untuk melakukan pengisian BBM,  kemudian perjalanan dilanjutkan kembali, memasuki tikungan-tikungan dengan cuaca mendung rombongan kembali melakukan aksi rebah-rebah, sehingga Bro Rahman yang berboncengan dengan Bro Dian mengalami tekor ke ruas kanan jalan yang menyebabkan Bro Irwan yang tepat berada di belakangnya membanting Stang ke kiri dan langsung menghajar dinding tanah yang menyebabkan Spakbor depan pecah, rombongan terhenti untuk melakukan perbaikan Pio Bro Irwan, bergabung dengan rombongan sekitar 7 motor dari YSC Bogor yang kebetulan melintas tak lama setelah insiden terjadi.

Rombongan kembali melanjutkan perjalanan sampai memasuki kota bandung kembali di hadang hujan deras, namun perjalanan tetap dilanjutkan. Pak Bayu dari YSC Semarang berpamitan dengan rombongan untuk mampir di Bandung. Sesampainya di Raja Polah rombongan kembali berhenti untuk beristirahat makan malam, YSC Bogor, Sebagian BOSC  dan Bro Seno berinisiatif untuk melanjutkan perjalanan. Setelah beristirahat sekitar 1 jam, dengan kondisi cuaca hujan sedang perjalanan kembali dilanjutkan, memasuki kota Cianjur, Pak Wahyu di temani dengan Bro Sigit dan Bro yogi tercecer di belakang, namun rombongan tetap melanjutkan perjalanan dengan kondisi hujan lebat memasuki daerah puncak hingga memasuki Kota Bogor, rombongan berhenti untuk mengecek personel, Bro Bimo memutuskan untuk menunggu rombongan Pak Wahyu, penulis dan Sist Riris berinisiatif melanjutkan perjalanan sambil menunggu dengan kecepatan rendah, namun Bro Dian, Pak Narma dan Bro Heri mengikuti untuk melanjutkan perjalanan sehingga sampai di rumah tepat Pukul 23.00 malam.

Setelah memasuki pagar rumah, Bro Bimo SRC telpon untuk mengabarkan bahwa terjadi kecelakaan di daerah Cibinong yang menyebabkan lima motor jatuh, yaitu Pak wahyu, Bro Yogi, Bro Bimo, Pak Kirman dan sebuah Tiger Revo yang tengah berboncengan dengan pasangannya. Setelah mengganti pakaian yang telah basah kuyup sejak dari bandung, penulis langsung menuju Rumah sakit di daerah Cibinong, setelah dilakukan pengecekan ternyata Pak Wahyu dalam kondisi baik-baik saja, dan menunggu istri dan anak pak Wahyu hingga  pukul 03.30 dinihari, Penulis kembali kerumah dalam keadaan ngantuk berat, sehingga beberapa kali hampir menabrak pembatas jalan, tepat waktu subuh penulis sampai kembali kerumah dengan selamat. Alhamdulillah, Puji Syukur Kepada Allah SWT yang telah melindungi kami selama di perjalanan sampai kembali ke rumah.

Thanks to:

  1. Allah SWT.
  2. Keluarga tersayang di rumah,  kekasih tercinta yang selalu mendoakan selama diperjalanan.
  3. All Member JOYS dan Non Member yang tidak berkesempatan mengikuti perjalanan yang indah ini dan juga mendoakan kami agar selamat diperjalanan.
  4. Pio-pio kami yang tangguh menghadapi berbagai medan jalanan.
  5. All Joyser yang berkesempatan melakukan perjalanan ini… tetap kompak dan care Brother!!!  You are The Best Now.
  6. SRC (Scorpio Riders Community), DSF (Depok Scorpio Family), BOSC (Bogor Owner Scorpio Club), YSC Bogor, YSC Semarang, YSC Bekasi, YSC Cikarang, YSC Bandung, YSC Garut, YSC Tasikmalaya, CSC (Cirebon Scorpio Club), Spinac, SACS (Scorpio Adventure Club Sumedang), Milys, SAB, YSC Jogja dan YSC Ciamis. Keep on Brotherhood Bro.
  7. Sister Riris the Great with Black Pionya
  8. Bro Ibenk SRC thanks atas Spakbornya to bro Dian.
  9. Teman-teman dari klub-klub yang hadir.
  10. YSC Ciamis atas acara ultah yang hebat.

Catatan Perjalanan:

Jarak Tempuh : 900KM
Konsumsi BBM : 180rb
Lama Perjalanan Rata-rata : 12 Jam
Kecepatan Rata-rata : 80Kpj
Kondisi Cuaca : Teduh, Cerah, Mendung, Hujan Deras, Gerimis
Accident : Empat Kali
Waktu Perjalanan : Pagi, Siang, Sore dan Malam
Kondisi Jalan bagus : 90%
Kondisi Jalan rusak : 10%

Reporter by : M Ali Akbar

%d bloggers like this: